Optimalkan Keamanan Digital Anda: Mengenal Lebih Dekat Firewall dan Manfaatnya

Illustrasi Firewall

Hidup di era digital memang menyenangkan, tapi ada resiko yang perlu dihadapi, seperti ancaman dari serangan cyber. Nah, disinilah peran firewall muncul sebagai penyelamat. Apa sih firewall itu? Artikel ini bakal ngasih tahu kamu tentang tembok pelindung digital ini, bagaimana dia bekerja, dan kenapa kita butuh dia untuk menjaga keamanan data kita. Jadi, siap-siap, yuk, kita eksplor lebih jauh tentang firewall

Pengertian Firewall

Firewall merupakan suatu sistem keamanan yang dirancang untuk melindungi jaringan komputer dari akses yang tidak sah, serangan, atau ancaman berbahaya dari luar. Fungsi utamanya adalah memantau, mengontrol, dan memfilter lalu lintas data yang masuk dan keluar dari jaringan berdasarkan aturan keamanan yang telah ditentukan. Firewall dapat berupa perangkat keras, perangkat lunak, atau kombinasi keduanya, dan bertujuan untuk mencegah akses tidak sah, memblokir malware, dan menjaga integritas serta kerahasiaan data dalam jaringan.

Jenis-jenis Firewall

1. Proxy Firewall

illustrasi Proxy

Merupakan tipe awal dari perangkat firewall, firewall proxy berfungsi sebagai pintu gerbang dari satu jaringan ke jaringan lain untuk aplikasi tertentu. Proxy firewall memberikan keamanan dengan mengontrol informasi yang masuk dan keluar dari jaringan. Proxy firewall bekerja dengan menyaring, menyimpan, mencatat, dan mengontrol permintaan yang datang dari klien untuk menjaga jaringan tetap aman dan bebas dari penyusup dan virus. Proxy firewall memiliki alamat IP (internet protocol) sendiri sehingga jaringan internal tidak pernah melakukan koneksi langsung dengan internet luar. Karena memonitor informasi pada tingkat aplikasi, maka firewall ini juga dikenal sebagai application firewall.

2. Stateful Inspection Firewall

Stateful Inspection juga disebut sebagai dynamic packet filtering merupakan jenis teknologi firewall yang memonitor status koneksi aktif dan menggunakan informasi untuk mengizinkan paket jaringan melalui firewall. Stateful Inspection Firewall sangat cocok dengan Transmission Control Protocol (TCP) dan protokol serupa, serta dapat mendukung protokol User Datagram Protocol (UDP).

3. Unified threat management (UTM) firewall

Unified Threat Management (UTM) merujuk pada sistem keamanan yang memiliki kemampuan untuk mengintegrasikan berbagai fitur keamanan, termasuk Firewall, Antivirus gateway, Intrusion Prevention System (IPS), Antispam, Web filtering, dan berbagai fitur keamanan lainnya, yang dikelola secara terpusat. UTM biasanya akan menyertakan fungsi-fungsi seperti antivirusanti-spywareanti-spamnetwork firewall, pendeteksi dan pencegahan usaha penyusupan, pemfilteran konten, dan pencegahan kebocoran. Beberapa unit juga menyediakan layanan seperti remote routingNetwork Address Translation (NAT), dan dukungan Virtual Private Network (VPN).

4. Next-generation firewall (NGFW)

Next-generation firewall (NGFW) adalah sebuah alat keamanan yang memproses traffic jaringan dan menerapkan aturan untuk memblokir traffic yang berpotensi berbahaya. NGFW berevolusi dan memperluas kemampuan dari firewall tradisional yang ada. Next-generation firewall (NGFW) melakukan semua yang dilakukan oleh firewall tradisional, tetapi lebih kuat disertai dengan fitur tambahan.

5. Cloud Firewall

Cloud Firewall merupakan produk keamanan yang dasarnya sama seperti firewall tradisional yang bekerja untuk menyaring traffic jaringan yang berpotensi berbahaya. Tidak seperti firewall tradisional, cloud firewall tersedia di cloud. Model firewall yang disediakan di awan ini juga disebut firewall-as-a-service (FWaaS). Cloud firewall membentuk penghalang virtual di sekitar platform, infrastruktur, dan aplikasi cloud. Hal tersebut sama seperti firewall tradisional pada umumnya yang juga membentuk penghalang di sekitar jaringan internal. Cloud firewall juga dapat digunakan untuk melindungi infrastruktur lokal.

Penutup

Sebagai penutup firewall merupakan pertahanan utama di dunia digital, firewall melindungi komputer dari ancaman dengan memantau dan mengontrol data. Dengan teknologi yang terus berkembang, firewall juga ikut berkembang supaya mampu untuk melindungi data ataupun device dari serangan yang semakin beragam.

Sumber:

https://www.cisco.com/c/en/us/products/security/firewalls/what-is-a-firewall.html

https://www.sdxcentral.com/resources/glossary/stateful-inspection-firewall/

https://www.geeksforgeeks.org/what-is-stateful-inspection/

https://www.kaspersky.com/resource-center/definitions/utm

https://www.cloudflare.com/learning/security/what-is-next-generation-firewall-ngfw/

https://www.cloudflare.com/learning/cloud/what-is-a-cloud-firewall/

Share this article