Framework Frappe: ERP Open Source produk berkelas dunia

Ini buka tentang kopi tapi tentang Frappe framework

Frappe? Minuman kopi itu?

Mungkin itulah hal yang pertama kali muncul pada benak kalian ketika mendengar kata Frappe. Namun, di dunia open-source, Frappe merujuk pada sebuah framework pengembangan aplikasi web yang memudahkan para developer untuk membuat aplikasi web yang lengkap dengan cepat. Di seri Fondasi Framework Frappe ini, kita akan membahas lebih dalam mengenai framework Frappe serta cara mengembangkan aplikasi web menggunakan Frappe.

Episode 1

Di episode ini, kita akan berkenalan terlebih dahulu dengan Frappe, mengetahui sejarahnya dan alasan mengapa orang-orang memilih Frappe sebagai alat andalan pengembangan aplikasi web mereka.

Apa Itu Framework Frappe?

Frappe adalah framework aplikasi web full-stack yang menggunakan bahasa pemrograman Python dan JavaScript, serta MariaDB sebagai database di sisi server dengan dukungan integrasi erat berbagai library di sisi client. Framework ini awalnya mulai dikembangkan pada tahun 2008 sebagai fondasi ERPNext, salah satu aplikasi ERP open-source yang terpopuler.

Sejak awal pengembangan, kode Frappe telah dibuat open-source oleh para founder-nya di Google Code, dan kemudian pada GitHub. Para founder Frappe percaya bahwa konsep open-source dapat menghasilkan produk yang berkelas dunia dengan menggabungkan tenaga dan kontribusi dari berbagai pengguna dan developer. Konsep open-source juga memungkinkan orang-orang untuk menemukan dan mencoba produk-produk Frappe dengan mudah.

Mengapa Memilih Frappe?

Hanya Butuh Kode Sedikit

Filosofi paling dasar dari Frappe adalah untuk menulis kode sesedikit mungkin. Frappe lebih mementingkan konfigurasi dibanding kode sehingga fitur-fitur umum yang Anda perlukan untuk membuat aplikasi web akan tersedia dalam framework ini. Framework Frappe sudah menangani berbagai hal seperti membuat model, memasang kode controller, serta memperbaharui views secara otomatis. Dengan begitu, Anda dapat langsung mengembangkan aplikasi yang kompleks (memiliki ratusan hingga ribuan fitur) dengan cepat hanya dengan tenaga beberapa developer saja.

Integrasi Fitur Lengkap

Fitur-fitur tambahan apapun yang diperlukan untuk membuat aplikasi web yang modern juga sudah ada pada Frappe, seperti pembuatan PDF, e-mail, SMS, dan masih banyak lainnya. Dengan konsep open-source, kita juga bisa ikut berkontribusi jika ada fitur-fitur khusus yang belum diterapkan dalam Frappe.

Deployment Mudah Dengan Bench

Dengan menggunakan Frappe, Anda tidak perlu pusing lagi memikirkan bagaimana cara mengontrol semua hal yang berkaitan dengan deployment aplikasi. Framework Frappe memiliki sebuah alat bernama Bench yang sudah menangani hal-hal tersebut, seperti update aplikasi, migrasi database, serta pembuatan konfigurasi nginx dan supervisor, dan masih banyak lagi.

Ada Multi-Tenancy

Bench juga bisa digunakan untuk menerapkan multi-tenancyMulti-tenancy artinya Anda dapat menjalankan lebih dari 1 aplikasi dengan database yang terpisah, tetapi pada basis kode yang sama. Selain itu, Bench juga memungkinkan Anda untuk menerapkan multi-tenancy berdasarkan port dengan menyiapkan lebih dari 1 environment bench untuk berbagai versi dari aplikasi-aplikasi yang akan digunakan.

Pengembangan Aplikasi Sendiri

Sebagai developer, kita juga dapat mengembangkan aplikasi-aplikasi kita sendiri di atas aplikasi Frappe lainnya. Dengan begitu, Anda bisa memperluas fungsionalitas dari aplikasi-aplikasi Frappe yang sudah ada untuk menyesuaikan kebutuhan bisnis Anda.

Frappe Forum: https://discuss.frappe.io

Komunitas Aktif

Salah satu kekuatan dari proyek open-source adalah komunitasnya yang solid dan aktif. Jika Anda menemukan kesulitan dalam penggunaan maupun pengembangan aplikasi web yang menggunakan Frappe, Anda dapat menanyakan hal tersebut pada forum komunitas Frappe dan akan ada orang-orang berpengalaman yang membantu Anda menemukan solusinya.

Kesimpulan

Framework Frappe adalah pilihan yang solid untuk Anda mengembangkan aplikasi web dengan cepat, khususnya bagi Anda yang mencari solusi open-source dengan fitur yang lengkap. Dengan arsitekturnya yang dapat diperluas, kemudahan penggunaan, serta komunitas yang aktif, Frappe layak untuk dipertimbangkan dalam proyek pengembangan aplikasi web Anda.

Di episode kali ini, kita sudah berkenalan dengan Frappe. Dalam episode berikutnya, kita akan membahas bagaimana cara menginstal dan mengonfigurasi Frappe sebelum Anda bisa memulai proyek pertama Anda dengan Frappe. Ikuti terus seri ini untuk memperkuat fondasimu menggunakan framework Frappe!

Share this article